batampos.co.id – Penyebaran kasus positif Covid-19 di Batam terus menunjukkan tren yang positif. Jumlah pasien yang sembuh terus meningkat dan pasien dirawat menurun. Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji jumlah pasien yang dirawat karena Covid-19 terus menurun.

Saat ini tersisa dua pasien dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). Dua pasien ini merupakan pasien yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif terdahulu, sehingga harus menjalani perawatan untuk memastikan apakah positif ataupun negatif.

”Dua-duanya orang dewasa. Masih PDP semua, swab masih dalam proses,” ujar Humas RSUD Embung Fatimah Novi, Senin (29/6).

Dua pasien tersebut masih menjalani proses pemulihan seperti biasa sesuai dengan protokol penanganan Covid-19, sambil menunggu hasil swab untuk memastikan positif atau negatif. Jika negatif, maka dua PDP ini akan diperbolehkan pulang untuk menjalani masa karantina mandiri di rumah.

Selama pandemi ini mewabah, RSUD Embung Fatimah dengan tipe B plus ini menyediakan gedung sendiri untuk menangani pasien Covid-19. Gedung Tun Sendari Terpadu ini berada di belakang ruangan rawat jalan dan sudah banyak menangani pasien sejak Covid-19 mewabah. Kebanyakan pasien sembuh sehingga jumlah pasien terus berkurang dari waktu ke waktu.

Sementara data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, hingga Senin (29/6) pagi, terdapat 177 pasien Covid-19 sembuh dari total 220 pasien positif. Sementara 12 pasien meninggal dunia, dan masih 31 pasien yang dalam proses perawatan.

Dengan banyaknya pasien sembuh tersebut, sebanyak delapan kecamatan mainland sudah berstatus zona kuning dan satu kecamatan (Batuaji) sudah zona hijau.(*/jpg)