Rabu, 24 April 2024

HUT Bhayangkara ke-74, Ini 7 Instruksi Jokowi Untuk Polri

Berita Terkait

batampos.co.id – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada hari ini, Rabu (1/7), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan 7 instruksi untuk Polri. Intruksi ini digunakan sebagai pedoman pelaksaan tugas Polri terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan, instruksi pertama yaitu Polri harus memegang tegus nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Setiap anggota harus menjaga kehormatan, kepercayaan, dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

“Kedua terus melakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja polri yang profesional, modern, dan terpercaya,” ujar Jokowi dalam amanatnya di Upacara HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta.

Intruksi ketiga yaitu mantapkan soliditas internal. Dan memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Keempat Polri harus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

“Kelima terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan berkeadilan sehingga polri semakin dipercaya masyarakat,” imbuh Jokowi.

Selanjutnya intruksi keenam yaitu Polri terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19. “Ketujuh harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tangggung jawab,” pungkas Jokowi.(jpg)

Update