batampos.co.id – Malaysia nyaris berhasil mengatasi pandemi Covid-19. Padahal Negeri Jiran tersebut sempat mengalami lonjakan kasus yang signifikan hingga membuat pemerintah Malaysia melakukan Perintah Kawalan Pergerakan (MCO) pada Maret lalu. Hasilnya kini sukses. Terbaru, pada Selasa (30/6), hanya ada 2 kasus baru positif Covid-19. Bahkan tak ada lagi kematian akibat Covid-19 selama 16 hari terakhir.

Dilansir dari The Star, pada Selasa (30/6) hanya bertambah 2 kasus baru menjadikan total infeksi di negara itu 8.639 kasus. Direktur Jenderal Kesehatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan kedua kasus baru itu terjadi pada warga Malaysia.

Salah satunya adalah kasus impor yang melibatkan seorang Malaysia yang kembali dari Mesir setelah mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Senin (29/6). Kasus lain terdeteksi ketika pasien menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kota Belud di Sabah.

Menurut Dr Noor Hisham, 20 kasus lagi telah diselesaikan. Berarti ada 8.354 pasien yang telah pulih dari Covid-19 di Malaysia sejak wabah dimulai.

Ini berarti tingkat pemulihan 96,7 persen dari total jumlah kasus di negara tersebut. Sekarang hanya ada 164 kasus aktif yang masih dirawat di fasilitas kesehatan nasional.

Saat ini, ada 4 orang yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) dengan 1 pasien yang memerlukan dukungan ventilator. Dr Noor Hisham mengumumkan tidak ada kematian baru selama 16 hari. Itu artinya jumlah kematian sejauh ini totalnya hanya 121 kasus.(jpg)