batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajaran Polri agar tidak melupakan agenda strategisnya meski saat ini tengah fokus membantu pengendalian pandemi Covid-19. Polri harus tetap mereformasi diri secara total dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Selalu terus berupaya perbaiki diri supa profesional dan modern. Ubah kelemahan jadi sebuah kekuatan,” kata Jokowi dalam amanatnya di Upacara HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Rabu (1/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks seiring berjalannya waktu. Apalagi, Pilkada Serentak 2020 akan segera bergulir di akhir tahun nanti.

“Potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga harus diwaspadai terutama jelang pelaksanaan Pilkada 2020 di bulan Desember,” imbuhnya.

Jokowi menilai, kinerja Polri menangani gelaran politik sudah teruji. Mulai dari Pilkada serentak 2017 dan Pemilu 2019. Oleh karena itu, kondisi tersebut diharapkan bisa ditingkatkan pada Pilkada 2020.

“Saya tahu tugas ini tidak mudah, tapi saya yakin Polri, TNI, serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu menjalankan tugas dengan baik,” pungkasnya.(jpg)