batampos.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam menggelar rapid test massal yang dimulai hari ini, Kamis (2/7) hingga Sabtu (4/7) mendatang, di halaman Kantor Graha Kadin di Batam Center. Rapid test tersebut tersedia untuk 1.000 orang.

Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan, 1.000 rapid test massal ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial Kadin Batam.

”Sebenarnya, rangkaian kegiatan sosial Kadin Batam dimulai sejak Maret lalu. Kegiatan pertama yakni penyemprotan disinfektan, kemudian bagi-bagi sembako dan yang terakhir 1.000 rapid test massal ini,” ungkapnya, Rabu (1/7).

Acara 1.000 rapid test masal ini bertujuan membantu pemerintah dalam memutus penyebaran virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19. ”Kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Awal Bros, RS Bhayangkara, dan Dinas Kesehatan,” tuturnya lagi.

Dalam praktiknya, acara ini berlangsung tiga hari, dimana rapid test akan dilakukan kepada sekitar 300-an peserta per harinya. ”Itu sudah sesuai anjuran dari dokter supaya tidak berkerumun. Masyarakat harus mematuhi prosedur kesehatan,” ungkapnya.

Selain menggelar acara ini, Kadin Batam juga telah memberikan kontribusi berupa 1.000 alat rapid test yang diberikan langsung kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Selasa (1/7).

Terpisah, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kepri, Rusdani menyambut baik gelaran massal ini. Kegiatan seperti ini perlu lebih banyak dilakukan karena dapat membantu pemerintah dalam pemetaan massal Covid-19.(*/jpg)