batampos.co.id – Angka kesembuhan pasien Covid-19 terus naik. Kabar baik ini bisa dicapai berkat perjuangan para tenaga medis di garda terdepan. Terbaru, Rabu (1/7), ada 789 pasien sembuh sehingga totalnya mencapai 25.595 pasien sembuh.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, dari kajian data yang dihimpun selama 1 minggu terakhir, angka kesembuhan secara angka nasional yakni sebanyak 43,2 persen. Angka itu diakui masih di bawah angka kesembuhan secara global yakni 54,23 persen.

Namun, jika dibedah per provinsi, angka kesembuhan memiliki rata-rata yang berbeda. Ada 18 provinsi dengan angka kesembuhan pada angka rata-rata dunia.

“Bahkan 13 provinsi punya presentase angka kesembuhan di atas 70 persen melebihi angka dunia,” kata Yurianto dalam konferensi pers, Rabu (1/7).

Angka kesembuhan di 13 provinsi di antaranya yakni Sumatera Barat 81 persen, Riau 73 persen, Bengkulu 71 persen, Lampung 79 persen, Bangka Belitung 86 persen, Kepulauan Riau 81 persen, Jogjakarta 85 persen, Kalimantan Barat 81 persen, Kalimantan Timur 73 persen, Kalimantan Utara 75 persen, Sulawesi Tengah 82 persen, Gorontalo 80 persen, dan Sulawesi Barat 72 persen.

“Kesembuhan ini bisa dicapai secara dini dan kami bisa temukan kasus Covid-19 terkonfirmasi yang segera ditangani di RS,” tegasnya.

Sementara angka kematian secara nasional yakni 5,09 persen. Dan data dunia yaitu 5,28 persen.

“Kita masih di rata-rata dunia. Ada 23 provinsi yang angka meninggalnya di bawah rata-rata global,” jelasnya.

“Kondisi ini menggambaran bahwa Covid-19 bisa disembuhkan. Angka sembuh bertambah seiring waktu. Kita masih bisa melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya. Dan masyarakat makin menyadari mencegah lebih penting untuk mematuhi protokol kesehatan,” katanya.(jpg)