batampos.co.id – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan, Provinsi Kepri mencatatkan kasus positif Covid-19 ke-302 per 1 Juli 2020. Jumlah tersebut direvisi dari kelompok Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan sembilan kasus baru dalam dua hari terakhir.

“Perbandingan kasus positif dan sembuh hari ini (kemarin, red) adalah 302 kasus positif. Sedangkan sembuh sebanyak 245 orang. Daftar pasien dikarantina sebanyak 36 orang, perawatan lima orang,” ujar Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang.

Disebutkannya, dari tiga kelompok kasus, OTG masih menjadi penyumbang terbesar dengan 168 kasus. Kemudian kelompok kedua adalah PDP sebanyak 66 kasus. Sedangkan ODP sebanyak 36 orang. “Untuk klaster KM Sabuk Nusantara semuanya sudah dikonfirmasi sembuh. Artinya, kasus-kasus yang masih aktif sekarang ini adalah dari klaster lokal,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk kasus kematian jumlahnya masih bertahan pada 16 angka. Saat ini ada 2 PDP yang meninggal masih dalam proses lab. Apakah disebabkan Covid-19 atau tidak. Sementara untuk PDP yang meninggal sampai pekan ke-26 ini sebanyak 88 orang.

“Kita sudah menerapkan new normal, maka dari itu tetap mengendepankan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas di luar rumah,” katanya. (*/jpg)