batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Batam akan memusatkan pelaksanaan ibadah salat Idul Adha di Dataran Engku Putri. Hal ini sesuai dengan edaran Menteri Agama terkait pelaksanan ibadah di tengah pandemi Covid-19.

”Alhamdulillah, Batam saat ini sudah menunjukkan tren positif dan berada di zona kuning, untuk itu cukup aman untuk menggelar ibadah terbuka baik di masjid maupun lapangan terbuka,” kata Kepala Kantor Kemenag Batam, Zulkarnain Umar, Kamis (2/7).

Pengurus masjid harus melaporkan kegiatan pelaksanaan ibadah salat nanti. Setiap tahunnya ada ratusan titik salat yang menyelenggarakan salat Idul Adha. Nanti tim juga akan turun dan memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan salat.

”Kemarin saya sudah laporkan kepada Pak Wali, dan beliau meminta informasi ini agar disosialisasikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Adanya kelonggaran pelaksanaan ibadah ini menurutnya tidak terlepas dari semakin membaiknya kondisi Batam. Beberapa daerah masih tidak bisa menggelar ibadah di rumah ibadah, karena masih tinggi kasus Covid-nya. Untuk itu, saat pelaksanaan nanti, pengurus masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan ibada baik di masjid atau di lapangan.

”Tetap jaga jarak, gunakan masker, dan membawa peralatan salat masing-masing. Hal ini bisa menjaga agar jemaah tetap sehat dan tidak terjadi penularan Covid pastinya,” terang Zulkarnain.(jpg)