batampos.co.id – Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau siap menyambut kedatangan Wisatawan Mancanegara (Wisman) terutama dari Singapura dan Malaysia.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk pelabuhan yang menjadi pintu masuk wisman dari Singapura dan Malaysia untuk menata fasilitasnya sesuai dengan tatanan kehidupan normal baru.

Selain itu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan tempat penginapan dan pusat perbelanjaan.

“Ini upaya kita menghidupkan kembali perekonomian Batam khususnya dari sektor pariwisata,” ujar Amsakar, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan, sektor pariwisata di Kota Batam sangat terdampak akibat Covid-19.

Seorang wisatawan asal Singapura berswafoto dengan latar belakang Welcome To Batam. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Selain kita menyiapkan fasilitas yang mendukung protokol kesehatan di masa pandemi, kita juga berkoordinasi dengan pemerintahan Singapura,” katanya.

Ia mengaku sudah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk berkoordinasi dengan pelaku pariwisata di Batam.

Ia optimistis, dengan bekerja bersama dan terkoordinasi, maka dunia pariwisata di Batam akan bangkit kembali.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, apabila jalur pelayaran internasional Batam-Singapura dan Batam-Malaysia dibuka, pihaknya memperkirakan jumlah wisman yang datang ke Kota Batam cukup banyak.

“Estimasi kita bisa mencapai 50 persen dan Batam siap untuk menerina kunjungan wisman (wisatawan mancanegara,red) kembali karena protokol kesehatan telah diterapkan di Kota Batam,” jelasnya” katanya.(*/esa)