Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Batam Bentuk Tim di Pintu Masuk Wisatawan Mancanegara

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemko Batam membentuk tim di pintu masuk utama wisatawan mancanegara (wisman) yaitu pelabuhan internasional baik di Batam Centre maupun Sekupang.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Singapura, dalam pertemuaan tentang kesiapan di pintu masuk atau pelabuhan, yakni pengecekan pada wisman, dan penanganannya.

“Saya sudah perintahkan Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Batam dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam untuk siapkan tim di pintu masuk, orang pelabuhan sudah diundang, apakah siap tidak mempunyai ruangan,” katanya, Jumat (3/7/2020) saat menyambut kedatangan para ketua asosiasi pariwisata di ruang kerjanya.

Wali Kota menyampaikan, orang atau Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif Covid-19 perlu disepakati proses penangananya.

“Proses tersebut belum disepakati ini yang harus kita dudukan bersama,” ujarnya.

Suasana pelabuhan internasional Batam Centre. Foto diambil beberapa waktu lalu. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Ketua Penentu Kebijakan Batam Tourism and Promotion Board (BTPB), Rahman Usman, mengatakan pihaknya bersama asosiasi pariwisata berharap Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dapat menyampaikan permintaan mereka agar ada relaksasi bagi wisatawan asing terutama Singapura dan Malaysia ke Kota Batam.

“Kami bersama asosiasi pariwisata bertemu Pak Wali (Muhammad Rudi) meminta adanya releksasi masuknya wisatawan asing terutama dari Jiran (border) yakni Malaysia dan Singapura sangat diperlukan sebab akan membangkitkan kembali dunia pariwisata sekaligus memberi efek bagi kelangsungan ekonomi Batam secara keseluruhan,” katanya.

Perlu diketahui, peraturan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Nomor 11 Tahun 2020 tentang pengetatan sementara orang asing masuk wilayah negara Republik Indonesia, membuat dunia pariwisata di Kota Batam mati suri.

Padahal pada 15 Juni 2020 seluruh destinasi pariwisata Kota Batam telah dibuka dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam yang sembuh meningkat drastis.

Hingga Jumat (3/7/2020), sebanyak 192 orang dinyatakan sembuh dari total 238 orang yang dinyatakan positif Covid-19.(*/esa)

Update