Kamis, 28 Maret 2024

Pemko Batam Lakukan Ini Agar Terbebas Dari Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemko Batam terus melakukan berbagai upaya agar daerah tersebut bisa bebas dari Covid-19 atau menjadi zona hijau.

Salah satunya dengan meminta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Batam terus melakukan penyisiran di masyarakat.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, tim Gugus Tugas Covid-19 terus bekerja sesuai tugasnya di lapangan.

“Penyisiran tetap dilakukan. Sehingga warga di sekitar yang terpapar bisa betul-betul terpantau,” katanya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data tim gugus tugas mulai 1 Mei hingga 22 Juni 2020, ada 138.842 warga Batam yang masuk dalam screening atau penyisiran.

Tangkapan layar kecamatan di Kota Batam yang masuk zona kuning penyebaran Covid-19.

Kegiatan penyisiran ini dilaksanakan oleh tim gugus tugas tingkat kecamatan yang terdiri dari berbagai unsur. Termasuk di dalamnya petugas dari Puskesmas.

Tim kecamatan ini menyisir beberapa kategori warga. Antara lain warga yang menjadi kontak dekat dengan pasien terkonfirmasi positif.

Kemudian juga warga yang memiliki gejala mirip covid-19. Selain itu juga dilakukan penyisiran terhadap warga yang baru pulang dari luar daerah dan luar negeri.

Tak hanya menyisir dan mendata, tim kecamatan juga melakukan rapid diagnostic test (RDT). Tes cepat ini menjadi langkah penyaringan awal untuk pengujian lanjut.

Apabila hasil RDT reaktif, akan ditindaklanjuti dengan uji polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.

“Hasil penyisiran itu kita lakukan perawatan sampai sembuh. Supaya zona hijaunya bukan hanya di atas kertas. Tapi memang sel yang akan jadi klaster itu kita pantau,” terang Wakil Wali Kota Batam tersebut.

Perawatan terhadap pasien covid-19 di Batam dilakukan di beberapa rumah sakit rujukan.

Antara lain RSUD Embung Fatimah, RSBP Batam, RSKI Galang, serta beberapa rumah sakit swasta.

Hingga Senin (6/7/2020), jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Batam sebanyak 197 orang dari 241 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penambahan pasien Covid-19 di Kota Batam adalah karyawan Bank BUMN Pekan Baru, Riau, yang kembali dinyatakan positif setelah sebelumnya dinyatakan sembuh pada 20 Juni 2020.(*/esa)

Update