batampos.co.id – Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 dirayakan dengan cara berbeda. Karena saat ini kita sedang menghadapi pandemi korona atau Covid-19.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan HUT RI ke-75 tetap akan dirayakan di Istana Merdeka seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun dengan peserta terbatas.

“Upacara tetap khidmat, tetapi dengan peserta terbatas. Semua komponen terlibat termasuk paskibraka namun dengan jumlah terbatas,” ujar Pratikno dalam jumpa pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/7).

Selain itu Pratikno juga meminta kepada masyarakat untuk bisa ikut upacara peringatan HUT Indonesia ke-75 tersebut. “Seluruh rakyat Indonesia kami sangat harapkan ikut aktif terlibat dalam upacara tersebut, terutama secara virtual,” katanya.

Sementara Pratikno juga berharap kepada masyarakat ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Maka masyarakat bisa untuk sementara menghentikan kegiatannya. “Kami sangat-sangat mengharapkan dan mengajak seluruh pihak yang di pasar, di tempat-tempat umum, yang di sawah, di kampung-kampung, ketika dikumandangkan lagu Indonesia Raya, kami harapkan menghentikan kegiatannya. Berdiri tegak, khidmat, ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut. Di seluruh Indonesia dimanapun berada,” katanya.

‎Terpisah, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menyebut, pada peringatan HUT RI ke-75 tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin hanya didampingi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Kemudian yang hadir di Istana Negara adalah pejabat yang diberikan tugas membacakan teks proklamasi, pembukaan UUD 1945 dan Pancasila. Sementara untuk para menteri hanya melakukan upacara hari kemerdekaan Indonesia tersebut secara virtual.

“Jadi yang di Istana itu adalah Bapak Presiden beserta Ibu, Bapak Wapres beserta ibu dan seluruh pejabat yang hanya ada tugasnya, contoh mungkin ada yang membacakan proklamasi, membacakan doa dan plus Panglima TNI-Polri, kebiasaan mengundang masyarakat kami juga tidak,” kata Heru.

Kemudian untuk para Paskibraka Heru mengatakan istana tidak melakukan perekrutan. Hanya menggambil Paskibraka yang ditugaskan di 2019 silam. “Yang akan mengibarkan bendera saja di lapangan itu akan kami ambil dari paskibra 2019,” ungkapnya.

Diketahui, peringatan HUT ke-75 RI mengambil tema Indonesia Maju dengan logo yang terinspirasi dari simbol perisai Garuda Pancasila.

Makna Indonesia Maju adalah representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Pedoman identitas visual serta logo HUT ke-75 RI dapat diunduh publik melalui situs www.setneg.go.id. (jpg)