Kamis, 25 April 2024

Wali Kota Batam Bilang Begini Terkait Proses Penyembelihan Hewan Kurban

Berita Terkait

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengeluarkan edaran Surat Edaran Nomor 13/Kesra/tahun 2020 tertanggal 3 Juli 2020, terkait proses penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

Dalam surat tersebut disebutkan proses penyembelihan hewan kurban harus menerapkan jaga jarak atau physical distancing.

“Pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan untuk penerapan jarak fisik. Penyembelihan hanya dihadiri panitia dan pihak yang berkurban agar penyelenggara dapat mengatur kepadatan di lokasi,” kata Rudi.

Dalam surat tersebut juga disebutkan jarak antara panitia baik di bagian pemotongan, pengulitan, pencacahan, hingga pengemasan daging harus diatur.

Selain itu dalam pendistribusian daging hewan kurban, dilakukan langsung oleh panitia ke rumah mustahik.

Ilustrasi. Petugas Baznas mempraktikkan pemotongan hewan kurban dengan protokol kesehatan. Foto: Dokumentasi Baznas

Sehingga tidak terjadi kerumunan warga di lokasi pembagian daging. Selain soal jarak, kebersihanpun menjadi poin penting yang diatur melalui surat edaran tersebut.

Baik itu kebersihan petugas, maupun area dan peralatan. Tidak hanya itu, pengukuran suhu tubuh juga harus dilakukan di pintu atau jalur masuk tempat penyembelihan.

Seluruh panitia wajib mengenakan masker, pakaian lengan panjang, serta sarung tangan selama proses kurban

Panitia juga mesti diedukasi untuk tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga. Serta rajin mencuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

“Hindari berjabat tangan serta perhatikan etika batuk, bersin, dan meludah. Segera bersihkan diri, mandi, begitu pulang,” pesannya.

Seluruh peralatan harus dibersihkan dan didisinfeksi. Baik itu sebelum maupun setelah selesai proses pekerjaan.

Kemudian usahakan satu orang memegang satu alat, sehingga tidak bergantian. Apabila harus menggunakan alat lain, pastikan alat tersebut sudah didisinfeksi sebelum digunakan.(*/esa)

Update