Jumat, 19 April 2024

Batam Zona Kuning, Tapi Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Berita Terkait

batampos.co.id – Meski Batam sudah berangsur-angsur pulih dan masuk zona kuning, tim medis mengimbau kepada masyarakat, khususnya pasien yang sudah sembuh, agar tetap waspada. Pasalnya, rata-rata pasien positif Covid-19 di Batam merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Kasus reaktivasi dan reinfeksi Covid-19 juga dapat saja terjadi jika masyarakat tidak patuh terhadap protokol kesehatan, termasuk social dan pyshical distancing.

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, dr Tafsil mengatakan, ada dua kemungkinan mengapa pasien sudah sembuh bisa positif Covid-19 kembali. “Dua kemungkinan, virusnya aktif kembali atau reaktivasi. Kemudian tertular baru atau reinfeksi,” katanya, belum lama ini.

Mengenai reaktivasi, ada beragam penyebabnya. Biasanya penderitanya OTG. Saat tes swab terakhir yang dinyatakan negatif, virusnya masih ada, tapi dalam level paling lemah dan tidak timbulkan gejala. “Jadi, virusnya tertekan terus. Begitu dipulangkan, kami kasih obat untuk karantina di rumah selama 14 hari. Tapi kalau tidak dikonsumsi, maka virus bisa menguat kembali,” tuturnya.

Namun, level penularan dari kasus reaktivasi sangat kecil karena tidak bergejala lagi. “Virulensi dari virusnya tidak sehebat dari penderita yang mengalami gejala Covid-19. Penularannya minimal,” ungkapnya. (*/jpg)

Update