Kamis, 25 April 2024

Kemenaker Bersiap Kembali Kirim Pekerja ke Luar Negeri

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersiap membuka kembali pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara bertahap ke sejumlah negara. Ada dua negara yang menjadi tujuan, yaitu Hong Kong dan Taiwan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, penempatan PMI ini nantinya akan dilakukan dengan menggunakan Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK), dimana penggunanya bukan perseorangan, tapi lembaga berbadan hukum. “Jadi karena berbadan hukum maka perlindungan kepada PMI kita bisa lebih maksimal,” terang Ida Fauziyah.

Dia mengatakan, sebelumnya proses pengiriman masih belum berbadan hukum, tapi end user-nya adalah perseorangan. Saat ini, Kemenaker sedang menyusun protokol untuk penempatan kembali PMI. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan juga perwakilan Indonesia di negara tujuan terkait kesiapan negara penempatan.

Wakil Ketua Umum DPP PKB itu mengatakan, permintaan PMI di luar negeri masih cukup tinggi. Bahkan, pemerintah telah menunda pengiriman hampir 34.000 calon PMI, karena semua negara penempatan mengalami pandemi Covid-19.

“Jadi, kita tunda sementara dalam rangka memberikan perlindungan. Pasti akan kita cabut. Kita lagi evaluasi, terus koordinasi dengan negara-negara penempatan dengan perwakilan kita, dengan Gugus Tugas. Kondisi di dalam negerinya aman, negara penempatan aman,” paparnya.

Mantan anggota DPR itu mengatakan, saat ini ada dua negara yang sudah, yakni Hong Kong dan Taiwan. “Dua negara ini sudah dalam proses untuk penempatan kembali. Masih dilakukan kajian terius. Prinsipnya kondisi aman di dalam negeri karena di Indonesia sendiri kan ada wilayah yang masih zona merah,” urainya.

Di sisi lain, keamanan di negara penempatan juga harus ada kesiapan. “Nanti kita akan buka secara bertahap. Jadi tidak semua negara. Kalau negaranya sudah siap, dalam negerinya sudah siap, kita akan buka. Prinsipnya kita tidak akan mempersulit karena prinsipnya adalah justru perlindungan,” tandasnya. (jpg)

Update