batampos.co.id – Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau memiliki mobil pemadam kebakaran tercanggih di Indonesia yang memiliki akselerasi nol sampai 80 kilometer dalam hitungan satu menit.

Mobil tersebut diproduksi oleh PT Ziegler asal Jerman yang memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya mempunyai sensor air di bagian bawah.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan TIK Hang Nadim Batam, Suwarso, menjelaskan, saat ini Bandara Hang Nadim memiliki dua unit mobil pemadam dengan merk Ziegler.

“Jadi tugas pokok personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) adalah operasional, maintenance, training. Sementara fungsinya adalah menyelamatkan jiwa manusia dan harta benda di sekitaa areal Bandara yang bisa menganggu kelancaran aktivitas Bandara,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Ia menjelaskan, PKP-PK memiliki 81 personel berlisensi dan dibagi dalam tiga group yaitu Alpha, Bravo dan Charlie.

“Setiap shiftnya disiagakan 24 personel PKP-PK,” tuturnya.

Ia mengatakan, keunggulan dari mobil pemadam kebakaran milik Bandara Hang Nadim Batam yaitu sistem di dalam seluruhnnya otomatis.

Mobil penanggulangan kecelakaan pesawat dan pemadaman kebakaran (PKP-PK) milik BP Batam Ziegler Z6. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Sehingga hanya dengan menekan tombol yang berada di luar dengan metode sentuhan tangan, mobil langsung menyala dan siap beroperasi.

“Tinggal sentuh mobil langsung hidup dan siap jalan,” ujarnya.

Karena kata dia, mobil pemadam kebakaran tersebut masing-masing bisa menampung 12.500 liter air dan 1.500 foam.

Mobil tersebut memiliki kecepatan 120 kilometer/jam. Sehingga dapat mencapai lokasi kebakaran di sekitar area Bandara hanya dalam hitungan menit.

Dengan memiliki dua mobil pemadam tersebut Bandara Hang Nadim Batam masuk dalam kategori 9.

“Kategori 9 itu harus memiliki 23.300 liter air di dalam mobil pemadamannya dan kita satu mobil Ziegler itu mampu menampung 12.500 liter air, jadi dari dua mobil Ziegler saja kapasitas airnya sudah 25 ribu liter. Itu sudah melebihi,” paparnya.

Mobil pemadam kebakaran milik Bandara Han Nadim Ziegler Z6. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Tidak hanya itu mobil yang dibeli dengan harga Rp 33 miliar pada 2017 lalu itu, kata dia, dilengkapi dengan cutter weber atau alat pemotong dan spreader weber atau alat pembuka.

Guna memastikan keselamatan di area Selain itu lanjutnya Bandara Internasional Hang Nadim Batam memiliki 2 Unit Foam Tender Tipe I dengan kapasitas 12.500 liter air.

Kemudian 1 unit foam tender tipe I Kapasitas 12.000 liter air, 1 Unit foam tender tipe II kapasitas 10.000 liter air dan 1 unit foam tender tipe IV kapasitas 4.500 liter air.

Serta dilengkapi 2 unit nurse tender berkapasitas 5.000 liter air, 3 unit ambulans, 1 unit commando car, 1 unit utility car, 1 unit (Forward command Post) FCP dan 1 Set Salvage.

Serta beberapa mobil pemadam lainnya dengan merk Morita buatan Jepang yang hingga saat ini masih bisa beroperasi.

Agar mobil pemadam tersebut terjaga, personel PKP-PK kerap melakukan latihan. Selain untuk menjaga ferforma mesin mobil tersebut juga untuk melatih fisik dari para personel PKP-PK Hang Nadim Batam.(esa/adv)