batampos.co.id – Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial (KY) Tubagus Rismunandar Ruhijat dikabarkan positif Covid-19. Hal ini pun dibenarkan oleh Ketua KY, Jaja Ahmad Jayus.

“Iya (positif Covid-19). Tapi perlu dicek ulang ke Plh Sekjen, karena saya lagi di luar kota,” kata Jaja kepada JawaPos.com, Kamis (9/7).

Jaja menuturkan, saat ini Tubagus Rismunandar tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pertamina Cempaka Putih.”(Dirawat) di Rumah Sakit Pertamina Cempaka Putih,” ucap Jaja.

Jaja menyebut, rekannya itu pun mengalami gejala sakit pernapasan. Namun, dia memastikan saat awal masuk rumah sakit sadarkan diri. “Gejalanya sakit pada pernapasan. Tentang tidak sadarkan diri perlu di cek, karena waktu masuk rumah sakit dia sadar,” pungkasnya.

Wakil Ketua KY, Maradaman Harahap dalam keterangannya, Kamis (9/7), mengakui kondisi Sekjen KY Tubagus Rismunandar dinyatakan positif Covid-19. Hal ini diketahui setelah menjalani swab test Covid-19.

“Kondisi kesehatan Sekretaris Jenderal KY Tubagus Rismunandar Ruhijat sesuai hasil swab test COVID-19 dinyatakan hasilnya adalah positif,” ucap Maradaman.

Terkait itu, Komisi Yudisial akan segera melakukan penelusuran untuk mengecek adanya dugaan penularan kepada pejabat dan pegawai KY lainnya.

“KY akan melakukan rapid test kepada semua pegawai yang pelaksanaannya pada Senin (13/7) sampai dengan Rabu (15/7). KY akan terus mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19,” kata Wakil Ketua KY, Maradaman Harahap.

Kendati demikian, Maradaman menyebut sejak hari ini, Kamis (9/7), KY kembali menerapkan mekanisme bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk seluruh pegawai. Mekanisme ini akan berlangsung hingga Rabu (15/7).

Meskipun demikian, penerapannya tetap mengedepankan kepentingan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat melalui pelayanan online.

“Untuk laporan dugaan pelanggaran KEPPH bisa diakses melalui www.pelaporan.komisiyudisial.go.id. Masyarakat juga dapat mengajukan permohonan informasi publik secara online melalui www.ppid.komisiyudisial.go.id,” pungkasnya.(jpg)