batampos.co.id – Bagi masyarakat yang ingin menumpang roro, PT ASDP Cabang Batam menyediakan layanan rapid test bekerja sama dengan Kimia Farma. Layanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki rapid test saat akan menuju ke daerah lainnya.

Pelayanan rapid test ini, kata Manajer Usaha ASDP Cabang Batam, M Firdaus, tidak memaksa masyarakat. “Sifatnya sukarela saja. Jadi, siapa yang mau saja,” katanya, kemarin.

Rapid test ini tidak hanya bagi calon penumpang kapal roro yang akan berangkat keluar daerah, tapi juga bagi masyarakat sekitarnya. “Masyarakat sekitar sini mau rapid, ya silakan,” sambungnya.

Beberapa waktu lalu, kata Firdaus, layanan rapid test ini juga digunakan calon penumpang yang akan berangkat melalui Bandara Hang Nadim. “Jadi, ada penumpang yang akan naik pesawat datang ke sini. Rapid di sini, ya ini terbuka untuk umum,” ucapnya.

Untuk biaya rapid test di Pelabuhan Roro Telagapunggur, sudah disesuaikan dengan surat edaran Kemenkes, yakni hanya Rp 150 ribu. “Pelayanan rapid test ini mulai pukul 07.30 hingga pukul 17.00,” jelasnya.

Tempat pelayanan rapid test tersebut berada di ruang tunggu Pelabuhan Roro Telagapunggur. Ada dua petugas yang melayani masyarakat untuk rapid test. Bagi masyarakat yang datang, sebelum rapid test wajib mengisi data diri. Setelah itu barulah dilakukan rapid test yang hasilnya keluar setelah 15 menit.(*/jpg)