batampos.co.id – Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal Badan Pengusahaan (BP) Batam menyediakan pelayanan perizinan online single submission (OSS).

Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, Purnomo Andiantono, menjelaskan, OSS merupakan perizinan berusaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

“OSS digunakan dalam pengurusan izin berusaha oleh pelaku usaha dengan karakteristik berbentuk badan usaha maupun perorangan,” jelasnya, sabtu (10/7/2020).

Selain itu OSS kata dia, dapat digunakan bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah maupun besar.

Serta usaha perorangan/badan usaha baik yang baru maupun yang sudah berdiri sebelum operasionalisasi OSS.

Salah seorang pegawai BP Batam melayani masyarakat di Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) di Batam Centre. Foto: Messa Haris/batampsoc.o.id

OSS lanjutnya bisa digunakan pelaku usaha dengan modal yang seluruhnya berasal dari dalam negeri, maupun terdapat komposisi modal asing.

“Jadi OSS ini mempermudah pengurusan berbagai perizinan berusaha baik prasyarat untuk melakukan usaha (izin terkait lokasi, lingkungan, dan bangunan, red), izin usaha, maupun izin operasional untuk kegiatan operasional usaha di tingkat pusat ataupun daerah dengan mekanisme pemenuhan komitmen persyaratan izin,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pada OSS pelaku usaha harus memiliki komitmen. Yaitu pernyataan pelaku usaha untuk memenuhi persyaratan izin usaha dan/atau izin
komersial atau operasional.

Selain itu pihaknya juga memiliki pelayanan call centre pada nomor 0811-767-6666 dengan menekan extension perizinan yang dituju.

“Untuk OSS itu extentionnya nomor 4,” paparnya.

Kata dia, di pelayanan OSS dapat menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.