batampos.co.id – Bandara Internasional Hang Nadim ternyata memiliki ruangan khusus yang digunakan para personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim dan TIK BP Batam, Suwarso, menjelaskan, watchroom adalah ruangan yang letaknya lebih tinggi dibandingkan kantor utama PKP-PK.

“Gunanya untuk temen-temen PKP-PK yang piket bisa mengawasi situasi di sekeliling Bandara,” jelasnya, Senin (11/7/2020).

Ia mengatakan, meskipun Bandara Internasional Hang Nadim memiliki hubungan langsung ke tower Air Traffic Control (ATC), namun para personel PKP-PK tetap melakukan pemantauan dari ruangan tersebut.

“Biasanya di ruangan tersebut temen-temen PKP-PK memantau di sekitar movement area atau lokasi lepas landas dan mendaratnya pesawat,” paparnya.

Mobil penanggulangan kecelakaan pesawat dan pemadaman kebakaran (PKP-PK) milik BP Batam Ziegler Z6. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Dengan adanya ruangan tersebut kata dia, para personel PKP-PK Bandara Internasional Hang Nadim Batam dapat siap sedia apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di sekitar area Bandara.

“Meskipun ada temen-temen dari tower yang memencet bel pemberitahuan apabila ada kejadian di sekitar landasan, temen-temen PKP-PK tetap harus waspada,” ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa tugas para personel PKP-PK saat berada di watchroom.

Pertama, yaitu memantau pergerakan pesawat di movement area, radius ujung runway/binocular.

“Radio receiver harus selalu hidup dan public addres system juga. Itulah kegunaannya tugasnya untuk memonitor. Jangkauannya bisa memantau hingga ujung landasan,” paparnya.

Suwarso menegaskan, meski ada petugas tower atau ATC, personel PKP-PK harus tetap melakukan pemantauan dan saling kroscek apa-apa yang terjadi di sekitar area Bandara.(esa/adv)