batampos.co.id – Satu grup band asal Surabaya yang kini menetap di Batam dinyatakan lima personelnya positif Covid-19. Grup band yang dikontrak salah satu hotel di Batam itu kini menjadi cluster baru Covid-19 di Kota Batam.

“Iya, karena sudah lima yang positif dari grup band asal Surabaya itu, maka menambah deretan cluster yang ada di Batam,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (13/7).

Didi menjelaskan, cluster anak band ini pertama kali diketahui setelah pemeriksaan salah satu anggota mereka yang harus kembali ke Surabaya. “Karena salah satu personel mereka sakit-sakitan, jadi rencananya akan diganti dan yang sakit ini dipulangkan,” kata Didi.

Namun, saat dilakukan pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT), untuk syarat penerbangan diketahui hasilnya reaktif. Selanjutnya dievakuasi ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang. “Setelah uji swab, hasilnya positif. Makanya kami lakukan tracing dengan kontak primer pasien tersebut,” sebutnya.

Baca Juga: Satu Grup Band Hotel di Baloi Positif Covid-19, Ini Riwayatnya

Didi menjelaskan, mengenai perjalanan pasien yang sekarang sudah menjadi klaster ini berawal dari kedatangan tujuh personel anak band dari Surabaya ke Batam, 20 Juni lalu. Setelah dilakukan penyisiran terdapat lima pasien baru terkait dengan personel anak band tersebut, mereka yaitu pasien nomor 247, 255, 256, 257, dan 258.(*/jpg)