Jumat, 29 Maret 2024

Pasarkan Produk Melalui Platform Digital Pelaku UMKM Anambas Diberikan Bimtek

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Masyarakat (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Anambas mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Commerce oleh PT Shopee secara daring.

Materi Bimtek itu langsung disampaikan oleh SME Development Special PT Shopee untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM di Kepulauan Anambas dalam memasarkan produknya melalui platform digital.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyampaikan pemerintah daerah sebelumnya telah membantu melakukan kerjasama dengan penandatangan nota kesepahaman dengan perusahaaan di bidang perdagangan itu.

“Untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas Bimtek yang telah diberikan,” sebut Haris, Senin (13/7/2020)

Selama ini pemasaran produk UMKM itu dilakukan secara konvensional dengan penjualan secara langsung. Hal itu berjalan dan bergantung kepada jumlah wisatawan lokal maupun wisatawan asing saat berkunjung saja.

Sementara, sejak terjadinya pembatasan transportasi beberapa waktu yang lalu, akses penjualan produksi UMKM keluar daerah hampir lumpuh.

Dengan adanya Bimtek tesebut pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Perdagangan Perindustrian berupaya dan berharap pelaku UMKM yang masih melakukan penjualan secara langsung dapat beralih dengan metode pemasaran secara online.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah KKA, Usman mengatakan ada sebanyak 3.772 pelaku UMKM di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Lanjut dia lagi, melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM), siap membantu sebagai konsultan untuk meregister akun pelaku usaha online yang kesulitan mendaftar di situs Shopee. (fai)

Update