batampos.co.id – Muhammad Rudi yang masih menjabat Wali Kota Batam dan Amsakar Achmad, Wakil Wali KOta Batam, kembali akan berpasangan pada Pemilihan Walikota Batam untuk Periode 2020-2024 mendatang. Ketua DPC Hanura Kota Batam Iwan Krisnawan menegaskan DPC Hanura sudah memberikan rekomendasi kepada pasangan Rudi-Amsakar maju di Pilkada Batam mendatang.

Rekomendasi langsung berupa SK pencalonan dari DPP Hanura tersebut sudah diserahkan ke Walikota Batam Rudi seminggu yang lalu. SK rekomendasi DPP Hanura untuk pencalonan Rudi-Amsakar bernomor 069/B.3/DPP-Hanura/VI/2020 tertanggal 29 Juni tentang Calon Walikota Batam dan Calon Wakil Walikota Batam Periode 2020-2024 mendatang.

Isi SK rekomendasi DPP Hanura tersebut memutuskan dan menetapkan, serta mengesahkan Muhammad Rudi sebagai Calon Walikota Batam bersama Amsakar Achmad sebagai Calon Wakil Walikota Batam pada Hari Senin (6/7).

”Hanura memberikan rekomendasi atau mempercayakan pasangan Rudi-Amsaksar kembali maju di Pilwako Batam, tentunya dengan berbagai pertimbangan yang sudah matang. Pasangan ini sudah teruji pada saat periode pertama, pembangunan infrastruktur di Kota Batam sangat baik dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Artinya sudah fix Hanura Batam sudah berkoalisi dengan Nasdem tak bisa bergeser lagi dengan adanya SK dari DPP Hanura untuk pasangan Rudi-Amsakar,” terang Iwan Krisnawan.

Koalisi Hanura-Nasdem untuk Pilwako Batam, lanjut Iwan, sudah melebihi syarat minimal kuota 20 persen kursi sesuai Undang-Undang Pemilu. ”Pak Rudi sebagai Ketua Nasdem Kepri dan Pak Amsakar sebagai Ketua Nasdem Batam mempunyai hak juga untuk menentukan kursinya. Dengan Nasdem ada sebanyak 7 kursi dan Hanura 3 kursi, itu sudah melebihi syarat minimal 20 persen untuk maju pada Pilkada Batam.

Selanjutnya SK dari DPP Hanura nantinya sudah bisa menjadi syarat untuk mendaftar ke KPU Batam sebagai calon tetap Cawako-Cawawako Batam periode mendatang,” tegas Iwan, Senin (13/7) sore.

Dasar dari pemberian dukungan tersebut berdasarkan hasil survei yang sudah berjalan sejak Februari 2020 sampai akhir Juni 2020. Komunikasi dari pasangan petahana juga cukup intens. Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad akhir Februari 2020 sudah bertemu dengan Ketua Tim Pilkada Pusat Partai Hanura di Jakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya di minggu ke 3 Juni 2020, pasangan petahana didampingi Kusnadi Usman Yasin (Ketua Dewan Penasihat DPC), Iwan Krisnawan (Ketua DPC), Kamaruddin (Ketua TPC/Sekretaris DPC) dan Dado Herdiansyah (Ketua Bapilu DPC) bersama menemui Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang. (*/gas/jpg)