batampos.co.id – Pemko Batam menetapkan pelaksanaan Salat Idul Adha akan dipusatkan di Dataran Engku Putri, Batamcentre.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, mengatakan, ada hal yang harus dipenuhi masyarakat Kota Batam yang ingin melaksanakan salat Idul Adha di Dataran Engku Putri. Yaitu harus mengikuti protokol kesehatan.

“Insyaallah pelaksanaannya nanti Jumat, tanggal 31 Juli,” ujarnya, saat memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (14/7/2020).

Ia meminta semua petugas dapat mempersiapkan semua yang dibutuhkan seperti lokasi salat, hingga petugas yang berjaga di pintu masuk.

Ilustrasi. Pemko Batam memusatkan pelaksanaan salat Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020 di Dataran engku Putri Batam Center. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Untuk pelaksanaan salat nanti akan dibuka tiga gerbang di Dataran Engku Putri yaitu selatan, utara, dan barat.

“Ini persiapan kita kalau nanti cuaca mendukung. Kalau nanti cuaca hujan, salat dialihkan ke Masjid Raya Batam Centre,” ujarnya.

Ia mengingatkan jemaah yang datang nantinya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Kemudian, disiapkan juga tempat cuci tangan dan sabun bagi jemaah serta saf salat juga diatur berjarak.

“Yang perlu diantisipasi, adanya kerumunan saat masuk dan keluar di tiga pintu gerbang yang kita buka,” jelasnya.

Kemudian, untuk petugas pelaksanaan salat Idul Adha, sebagai imam yakni H Muslim Ahmad, dan petugas khatib yakni KH Didi Suryadi, dan bilal M Rasyid Ridho.(*/esa)