Jumat, 29 Maret 2024

Asrinya Jogging Track Taman Rusa di Sekupang

Berita Terkait

batampos.co.id Jogging Track Taman Rusa yang berada di Kecamatan Sekupang menjadi salah satu lokasi untuk menghilangkan penat masyarakat Kota Batam.

Areanya yang dipenuhi pohon-pohon rindang membuat lokasi tersebut tetap sejuk meski di siang hari. Tidak hanya itu di sana juga terdapat kandang rusa yang menjadi magnet bagi para pengunjung.

Jogging Track Taman Rusa Sekupang awalnya hanya dijadikan tempat berolahraga oleh para pegawai BP Batam yang menetap tidak jauh dari lokasi.

Namun pada 2018 lalu, area tersebut di sulap menjadi kawasan rekreasi keluarga yang dikenal dengan Taman Rusa.

General Manager Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman, Herawan, mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 pengunjung yang datang ke lokasi tersebut sangat banyak.

“Dari Januari sampai Maret cukup banyak pengunjung ke Jogging Track Taman Rusa,” jelasnya, Rabu (15/7/2020).

Seorang pengunjung taman rusa sedang mengabadikan keluarganya saat berkunjung ke Taman Rusa Sekupang. Foto diambil beberapa waktu lalu. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Kata dia, pada era normal baru atau new normal, pihaknya terus memperkenal destinasi tersebut kepada masyarakat serta wisatawan.

Tentunya para pengunjung yang mendatangi Taman Rusa pada new normal wajib mengikuti imbauan pemerintah. Salah satunya yaitu menggunakan masker.

Pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan sebelum para pengunjung memasukk lokasi Taman Rusa.

“Kami sedang mempersiapkan satu konsep yang memadukan antara taman dan rekreasi. Mudah-mudahan nantinya Taman Rusa bisa lebih baik lagi,” katanya.

Taman Rusa memiliki luas sekitar 9 hektar itu diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Batam.

Kawasan Taman Rusa dikelilingi pepohonan yang rindang. Sehingga dapat menyejukan mata saat berkunjung ke lokasi tersebut.

Rusa-rusa tersebut berasal dari area ex camp vietnam yang berada di Kecamatan Galang

Tempat rekreasi tersebut beroperasi setiap hari. Mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Beberapa sarana dan prasana umum seperti mushola, toilet dan kantin sudah tersedia dan dapat digunakan oleh para pengunjung.

Dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana tersebut saat ini pengunjung dikenakan tarif masuk Rp 5 ribu per orang.

Sementara pelajar dikenakan tarif Rp 2 ribu. Para pengunjung juga dapat menyewa gazebo untuk bersantai bersama keluarga atau kerabat Rp 100 ribu pada akhir pekan dan Rp 50 ribu di hari biasa.

Herawan menjelaskan, Jogging Track Taman Rusa juga memiliki stand komersil yang dapat disewa oleh masyarakat. Tarifnya hanya Rp 20 ribu per hari dengan luas stand 3×3 meter.

Pihaknya juga memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin mengadakan event atau kegiatan di lokasi tersebut.

“Tarifnya Rp 500 ribu per hari dan itu sudah termasuk gazebo,” tuturnya.

Salah seorang pengunjung Taman Rusa, Imam, mengatakan, sangat nyaman datang ke objek wisata tersebut.

Warga Marina City itu meluangkan waktu untuk datang ke Taman Rusa bersama keluarganya.

“Saya sudah 2 kali ke sini, suasananya nyaman untuk bersantai dan ngumpul bersama keluarga,” tuturnya.(esa/adv)

Update