batampos.co.id – Polsek Seibeduk menangkap tiga anak di bawah umur, Senin (13/6) pagi. Mereka ditangkap karena etiga anak yang masih duduk di bangku salah satu SMP negeri ini terbukti mencuri sepeda motor.

Pelaku yakni dua anak laki- laki, FD, 14, dan BN, 14, serta anak perempuan, AN, 13. Mereka nekat mencuri motor Honda Beat BP 2450 FA di Bida Ayu Blok P, Mangsang, Seibeduk.

Kapolsek Seibeduk, AKP Awal Sya’ban Harahap, mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan korban bernama Maria. Saat itu, motor yang diparkir di depan rumahnya dibawa kabur pencuri.

“Dari laporan itu, kita lakukan penyelidikan dan mendapatkan identitas pelaku. Dan pelakunya masih berstatus pelajar,” ujar Awal, Selasa (14/7).

Awal menjelaskan, motor tersebut memang sudah diincar pelaku. Kemudian, mereka mencurinya saat pemilik rumah tidur. Rencananya, motor tersebut akan dijual mereka dengan harga Rp 400-600 ribu.

“Pengakuannya motor itu akan dijual. Dan uangnya untuk memenuhi gaya hidup mereka, seperti beli HP (ponsel) dan jalan-jalan ke mal,” beber Awal.

Awal menambahkan, selain menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti, pihaknya masih memburu tersangka lainnya. Yaitu; JA, NA, dan OT yang kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Peran mereka berbeda-beda. Ada yang bertugas mengawasi, dan mengambil motor itu,” kata Awal.

Dengan kejadian ini, Awal mengimbau kepada orangtua meningkatkan pengawasan terhadap anak. Sehingga, anak tidak terlibat pergaulan bebas dan melakukan tindak kriminal.

“Di sini diperlukan pengawasan orangtua juga. Jangan sampai anak-anak kita melakukan perbuatan kriminal,” tutupnya. (*/jpg)