batampos.co.id – Para pencari kerja (Pencaker) di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, mengeluhkan sulitnya mengakses lowongan pekerjaan yang disebarkan perusahaan secara online.

Salah seorang pencaker, Riyan, menyampaikan, sejak MPH Muka Kuning ditutup, ia dan rekan-rekannya kesulitan untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

“Susah (mendapatkan pekerjaan,red) bang akibat corona (Covid-19,red). Lagipula banyak perusahaan tak menerima lowongan saat ini. Ditambah lagi pengiriman lamaran sekarang lewat link (secara online,red) yang diberikan PT, jadi makin susah lagi,” ujarnya, saat ditemui di sekitar kawasan industri Cammo, Batam Centre, Rabu (15/7/2020).

Para pencari kerja duduk di pinggir jalan depan kawasan industri Cammo, Batam Centre. Saat ini para penccari kerja harus melamar pekerjaan melalui online atau email. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Indra, pencaker lainnya juga mengakui, saat ini mencari kerja di kawasan-kawasan industri yang ada di Kota Batam semakin sulit.

“Kirim lamaran lewat link (online,red) yang diberikan oleh perusahaan seperti ikut lomba,” ujarnya.

Ia pun mengaku harus ekstra cepat apabila mendapatkan link lowongan pekerjaa.

“Kita bersaing dengan pencaker lainya, kalau tidak sigap kita bisa ngak masuk karena kuota penuh,” paparnya.

Pantuan batampos.co.id saat dilokasi banyak para pencaker yang duduk dan melamun dikarenakan mereka belum menemukan pekerjaan, sementara mereka setiap harinya muter di kawasan Pt. yang ada di Kota Batam.(nto)