batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mencatat terjadi penurunan jumlah pencari kerja sejak pandemi Covid-19.

Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Syakyakirti, mengatakan, jumlah pencaker biasa melonjak usai pengumuman kelulusan sekolah.

“Namun sejak April lalu jumlahnya mengalami penurunan,” kata dia seperti dilansir dari Harian Batam Pos, Selasa (21/7/2020).

Rudi mengungkapkan, saat ini pencaker yang ada merupakan pendatang lama. Sedangkan untuk yang baru belum ada.

Hal ini kata dia, tidak terlepas dari larangan dan berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah selama pandemi Covid-19.

Para pencari kerja duduk di pinggir jalan depan kawasan industri Cammo, Batam Centre. Saat ini para penccari kerja harus melamar pekerjaan melalui online atau email. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

”Banyak dari mereka yang berpikir ulang mau ke Batam. Ditambah kondisi saat ini yang belum stabil. Jadi, mereka mengurungkan niat ke sini dan memilih bertahan di kampung halamannya,” ujarnya.

Menurutnya, pencaker yang ada saat ini merupakan pencaker yang sudah terdata, dan hanya melakukan perpanjangan kartu pencari kerja atau AK1 (kartu kuning). Sementara, untuk yang baru, cenderung turun.

”Mayoritas perpanjangan. Apalagi banyak yang menjadi korban PHK dan lainnya, sehingga ketika kondisi membaik, mereka kembali mengurus AK1 dan kembali mendapat kan pekerjaan,” bebernya.(*/jpg)