batampos.co.id – Covid-19 telah menjadi sumber percakapan sehari-hari. Sebagai orang tua, anak harus diberi pengertian dengan pendekatan yang baik.

Diskusi yang jujur ​​dan akurat dengan anak-anak anda tentang Covid-19, dapat membantu mereka memahami apa yang terjadi, meredakan sebagian ketakutan mereka, membuat mereka merasa aman dan membantu mereka mulai mengatasinya.

Jika memungkinkan, pilih waktu ketika anak-anak mungkin ingin berbicara, seperti saat makan malam dan sebelum tidur. Tanyakan apa yang sudah mereka ketahui dan apakah punya pertanyaan serta masalah apa yang mereka miliki.

Dengarkan dan jawab pertanyaan mereka dengan fakta dengan cara yang dapat mereka pahami. Jika anda tidak tahu jawabannya, jujur ​​saja. Jelaskan agar anak menghindari informasi yang tak benar, desas-desus dan informasi palsu.

Jika sesuai dengan usia mereka, orang tua dapat menunjukkan kepada mereka cara mencari jawaban di situs web yang terpercaya. Sering-seringlah berbicara dengan anak-anak.

ilustrasi

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Susanto. Kepada JawaPos.com, Kamis (23/7/2020), ada beberapa tips ramah anak yang diberikan untuk orang tua agar anak tetap aman dan ceria di tengah pandemi.

Berikut tipsnya:

1. Pastikan anak tetap di rumah

2. Pastikan anak tetap belajar, bermain dan bahagia

3. Pastikan anak tidak menggunakan media digital berlebihan dan tanpa pendampingan.

4. Pastikan anak mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

5. Pastikan anak membiasakan hidup bersih dan sehat

6. Pastikan anak tidak bermain menggunakan media bermain yang bermuatan negatif baik online maupun offline.

7. Pastikan anak tetap semangat, optimis dan positive thinking.

8. Pastikan anak mendapatkan informasi terkait covid-19 yang tepat dan sesuai usianya.(jpg)