batampos.co.id – Kawanan begal kerap beraksi di wilayah Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Mereka bahkan kerap menggunakan senjata tajam saat beraksi. Usai dilakukan pengejaran, polisi berhasil menangkap 4 tersangka, sedangkan 2 lainnya masih buron.

Kasat Reskrim Polres Kota Bandara Soekarno Hatta, Kompol Alexander mengatakan, kasus ini bermula pada aksi pembegalan pada 1 Juli 2020 sekitar pukul 02.15 WIB. Korban yang pulang bekerja langsung dihadang komplotan begal tersebut.

“Korban menggunakan sepeda motor Yamaha Xeon melintas di Jalan Parimeter Utara Bandara Soekarno Hatta dan dihadang oleh enam orang yang mengendarai tiga kendaraan berboncengan,” kata Alexander kepada wartawan, Selasa (28/7).

Dia menuturkan, para pelaku beraksi dengan cara mendekati korban dari arah berlawanan. Mereka kemudian mengeluarkan senjata tajam untuk mengancam korban.

“Pelaku mengeluarkan senjata tajam berupa celurit dan parang mengancam untuk menyerahkan kendaraan milik korban,” imbuhnya.

Pelaku kemudian berhasil ditangkap usai dilakukam pengejaran. Mereka yakni AS, 14; ASB, 19; R, 20; dan DC, 20. Dalam kasus ini, polisi masih mengejar tiga DPO. Dua adalah pelaku pembegalan, dan satu lainnya sebagai penadah barang curian.

“Otak dari kejahatan ini adalah tersangka satu yang baru berumur 14 tahun karena perannya mengajak, menodong korban dan menjual barang hasil kejahatan,” pungkas Alexander.

Atas perbuatanya, para tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP. Mereka terancam hukuman di atas 12 tahun penjara.(jpg)