Jumat, 29 Maret 2024

Ini Tips Agar Kolesterol Tak Mengancam Usai Santap Daging Kurban

Berita Terkait

batampos.co.id – Makan olahan daging kurban dapat menyebabkan naiknya kolesterol dan berat badan karena mengandung lemak tinggi, khususnya lemak jenuh.

Namun, bukan berarti kita tidak dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol dan berat badan saat Idul Adha.

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi dan mencegah kedua hal tersebut, antara lain:

1. Selektif Memilih Daging

Pilih bagian daging dengan kandungan sedikit lemak. Atau dapat membuang lemak yang ada pada daging kurban. Hindari juga mengonsumsi bagian jeroan, karena mengandung tinggi lemak dan kolesterol.

Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

2. Porsi secukupnya

Perhatikan porsi atau jumlah daging yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori atau tinggi lemak juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan yang umum terjadi pada hari raya, seperti refluks dan dispepsia.

3. Konsumsi cukup serat dari buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah sumber serat yang memiliki manfaat positif untuk kadar kolesterol. Konsumsi diet tinggi serat dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

Ahli Gizi dr. Hilna Khairunisa M. Gizi, Sp. Gk menjelaskan konsumsi serat juga dapat membantu mengontrol berat badan serat memberikan rasa kenyang dan akan difermentasi oleh bakteri pencernaan, membentuk asam lemak rantai pendek yang dapat meningkatkan pembakaran lemak serta mengurangi penyimpanan lemak.(jpg)

Update