batampos.co.id – Rencana pembukaan bioskop secara serentak, termasuk di Kota Batam pada 29 Juli ini belum jelas dan kemungkinan besar diundur. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, untuk operasional bioskop di Batam akan mengikuti keputusan dari kantor pusatnya.

Artinya, bioskop di Batam akan kembali buka apabila sudah ada keputusan resmi pembukaan kembali dari manajemen pusat mereka.

”Kalau info nasionalnya masih mundur dari rencana awal 29 Juli. Sepertinya mereka mengikuti keputusan pusat,” ujar pria yang akrab disapa Ardi itu, Selasa (28/7).

Ardi mencontohkan, pembukaan biskop CGV di Grand Batam Mall di Lubukbaja. Menurut Ardi yang telah menghubungi pihak manajemen, rencana pembukaan akan mundur dari rencana sebelumnya. ”Nah, mundurnya sampai kapan juga belum bisa dipastikan,” katanya.

Sebelumnya, Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) bersepakat akan membuka operasional bioskop mulai Rabu (29/7) secara serentak di seluruh Indonesia. GPBSI ini mewakili para pengusaha bioskop; Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex.

Namun, pembukaan bioskop secara serentak itu batal setelah pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan surat keputusan terkait penundaan pembukaan kembali bioskop kepada GPBSI.

Ardi juga menyampaikan bahwa pihaknya telah meninjau persiapan beberapa bioskop di Batam, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.(*/jpg)