batampos.co.id – Untuk menjaga ketahanan pangan di daerah perbatasan, Koramil 02/ Tarempa, Kodim 0318 Natuna berinovasi memberikan dukungan terhadap masyarakat Kepulauan Anambas untuk mandiri dalam ketahanan pangan.

Plh Komandan Rayon Militer 02/Tarempa/Kodim 0318 NTN, Pelda Wamada Simare Mare, mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu upaya untuk membantu program pemerintah dan meningkatkan pencapaian hak atas pangan. Baik pangan nasional maupun lokal.

Kegiatan itu dimulai melalui demplot penanaman sayur mayur di Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.”Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian, agar tersedianya logistik wilayah, sesuai dengan kearifan lokal,” kata Pelda, Rabu (29/7/2020).

Lebih lanjut Pelda Wamada mengatakan pangan merupakan komuditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus di penuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat sangat memperkuat mendukung kestabilan nasional dalam ketahanan pangan. “Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan upaya untuk membantu program pemerintah,” kata Pelda lagi.

Sementara itu sasaran yang akan dicapai melalui program ketahanan pangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para babinsa dalam melaksanakan tugas-tugasnya berkaitan dengan bidang pertanian. “Meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna mendukung tugas pokok TNI-AD,” sebutnya lagi.(fai)