batampos.co.id – Umat Muslim merayakan Idul Adha 1441 H besok, Jumat (31/7). Sebagai tanda hari raya tersebut diawali dengan Salat Id. Presiden Jokowi dijadwalkan mengikuti Salat Id di Istana Bogor.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi melaksanakan salat Idul Adha bersama dengen keluarganya. Acara itu bersifat internal.

“Salatnya juga intern dilaksanakan di Bogor dengan keluarga,” ujar Heru kepada wartawan, Kamis (30/7).

Berhubungan pelaksanaan salat Id berlangsung di tengah pandemi covid-19, Heru menuturkan, Presiden Jokowi tidak memiliki persiapan khusus. “Jadi enggak ada persiapan khusus juga,” katanya.

Dalam menyambut hari raya kurban ini, Presiden juga telah menyerahkan hewan kurban ke setiap masjid di seluruh provinsi. Setiap sapi yang disumbangkan untuk kurban beratnya berkisar dari dari 800 kg-1 ton.

Sikap pemerintah dalam pelaksanaan salat Id untuk Idul Adha berbeda dengan Idul Fitri. Pada Idul Fitri masyarakat diminta melaksanakan salat Id di rumah. Sedangkan di Idul Adha masyarakat dipersilakan melaksanakan salat Id masjid atau lapangan, dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Ketentuan tersebut karena Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.(jpg)