batampos.co.id – Batam Information Technology (BIT) milik Badan Pengusahaan (BP) Batam menjadi salah satu IT Centre terbaik di Indonesia dalam penyimpanan data.

Selain lokasinya tidak berada di Ring of Fire atau cincin api, BIT BP Batam memiliki beragam keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan.

General Manager Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) BP Batam, Sylvia J Malaihollo, mengatakan, BIT adalah layanan IT yang disediakan BP Batam bagi masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta.

“Data Centre BP Batam sudah menjadi bagian dari Data Centre Nasional yang telah mendapat rekomendasi dari Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),” ujarnya, Sabtu (1/8/2020).

Tidak hanya itu, Data Centre BP Batam telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 untuk manajemen mutu dan ISO 27001 untuk manajemen keamanan informasi.

Ia menjelaskan, Pulau Batam berada pada wilayah yang sangat baik untuk berinvestasi karena berisiko rendah terhadap bencana alam.

General Manager Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) BP Batam, Sylvia J Malaihollo kiri) bersama Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, menjelaskan keunggulan BIT di ruang IT centre BP Batam. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

“Lokasi Batam sangat strategis hanya berjarak 20 kilometer dari salah satu hub jaringan FO dunia, yaitu Singapura,” jelasnya.

Batam, lanjutnya, juga sebagai Gateway jalur FO Indonesia dari Asia Pasifik.

“Pulau Batam sebagai landing point (jaringan kabel bawah laut internasional) dan Batam jauh dari Ring of Fire atau cincin api,” tuturnya.

Dengan keunggulan tersebut, lanjutnya, gangguan bencana alam, khususnya gempa bumi, sangat jarang terjadi di Kota Batam.

“Data Centre BP Batam ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, baik masyarakat, pemerintah maupun swasta, dan seluruh layanan Data Centre BP Batam dilengkapi dengan fasilitas yang terbaik,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Backbone Network Data Centre BIT, terhubung dengan jaringan fiber optic Palapa Ring, serta dilengkapi dengan jaringan telepon Fixed Line dan VOIP.

Kemudian, kata dia, interkoneksi data centre pada seluruh unit kerja BP Batam melalui jaringan fiber optik sepanjang 105 kilometer.

“Aset ini terhubung dengan jaringan fiber optik Telkom Indonesia berkapasitas 40 Gbps,” tuturnya.

Sementara itu untuk keamanan, data centre BP Batam dilengkapi dengan Portal Gate dengan RFID, CCTV berbasis IP dengan Intelligent Video Analytics, Biometrics Access Control, Metal Detector, Gas, Fire, and Smoke Detector.

Kemudian Fire Extinguishing (System FM200), Full-raised dan Anti Static Floor, Integrated Grounding of <0.5 ohm, Cargo Lift/Loading Dock capacity 2.500 kg.(esa/adv)