batampos.co.id – Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau kembali dinyatakan sebagai zona merah penyebaran Covid-19.

Hal ini disebabkan jumlah pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan di kecamatan tersebut jumlah paling banyak dibandingkan area lainnya.

Dilansir dari webiste lawancorona.batam.go.id, hingga Kamis (30/7/2020) diketahui jumlah pasien Covid-19 di Kecamatan Batam Kota sebanyak 23 orang.

Padahal sebelumnya Kecamatan Batam Kota menjadi salah satu area zona hijau.

Dengan naiknya status Kecamatan Batam Kota menjadi zona merah, saat ini di Kota Batam hanya tiga kecamatan yang berstatus zona hijau.

Tangkapan layar peta penyebaran Covid-19 di Kota Batam di website lawancorona.batam.go.id hingga Kamis (30/7/2020).

Yaitu, Nongsa, Galang dan Bulang. Sementara 8 kecamatan lainnya yakni Batu Ampar, Bengkong, Sei Beduk, Sagulung, Sekupang, Lubuk Baja, Nongsa dan Sei Beduk.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada.

Ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor. Hal ini kata dia, mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

“Diingatkan dan diimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,” tuturnya.(*/esa)