batampos.co.id – Guna meningkatkan mutu pendidikan Pemko Batam menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Implementasi Penjaminan Mutu melalui Penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (Dupak) Guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan, mengatakan, Bimtek tersebut difasilitasi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kepri.

“Bimtek digelar selama tiga hari, 28-30 Juli lalu,” kata Hendri, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan, Bimtek digelar secara virtual dan diikuti 200 orang. Terdiri dari 180 guru, delapan tim penilai angka kredit, delapan dari sekretariat tim penilai, dan empat orang dari Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam.

“Bimtek ini bertujuan meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas serta mendorong peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan,” ujarnya.

Hendri menyampaikan, kegiatan akan digelar rutin digelar setiap tahun. Hal ini juga sesuai Permenpan 16/2009 pasal 21.

Guru di Kota Batam mengikuti Bimtek beberapa waktu lalu. ini bertujuan meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas serta mendorong peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan. Foto: Media Center Pemko Batam

Menurut dia, selama ini, penilaian angka kredit dilakukan pada saat guru akan mengajukan kenaikkan pangkat.

“Maka, di tahun ini kita akan mencoba melakukan penilaian angka kredit setiap tahun,” ujarnya.

Adapun struktur program Bimtek ini terdiri dari 30 JP dengan metode IN–ON-IN. Hadir narasumber dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. Hari Amirullah dan Dr. Hasmi, M.M.

Narasumber menjelaskan secara detail mengenai jabatan guru mulai dari Penilaian Kinerja Guru, empat aspek pada DUPAK sampai ke SKP.

Pada saat ON peserta di pandu oleh Tim Penilai Anga Kredit Kota Batam Wagiyem dan Samiun.

Sementara itu, Kepala LPMP Kepri, Irwan Safii menyampaikan, Bimtek ini membantu peningkatan dan pengembangan karir guru. Bimtek serupa akan dilaksanakan juga di kota dan kabupaten lain di Kepri.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para guru dapat menyusun Dupak dengan baik serta dapat menyalurkan ilmunya ke guru yang lain,” kata dia.(*/esa)