Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, dikenal dekat dengan anak-anak. Tak jarang, saat bertemu, ia kerap berperan sebagai ibu sekaligus teman untuk menceritakan sebuah dongeng.

—–

PEREMPUAN berjilbab itu tersenyum semeringah. Sejurus kemudian, ia mengambil posisi duduk, tepat di hadapan puluhan anak-anak yang sedari tadi menantinya.

Perempuan itu adalah Hj Marlin Agustina , yang tak lain merupakan Bunda PAUD Kota Batam.

“Siapa suka mendengar cerita?” kalimat itu meluncur dari perempuan pemimpin ini saat ia berkunjung ke TK Nurul Jadid, Bengkong, Rabu (29/7/2020).

Sontak, suasana menjadi lebih ceria. Dengan kompak, pertanyaan itu disambut gembira oleh anak-anak. “Saya bunda,” sambut anak-anak sambil mengangkat tangan.

Tak menunggu lama, Marlin pun langsung mengambil buku yang ada di meja, persis di hadapannya.

Satu per satu buku itu ia buka, hingga akhirnya matanya terfokus ke satu halaman. “Nah, ini ceritanya,” ujar Marlin sambil menatap anak-anak di hadapannya.

Marlin Agustina Rudi saat ia berkunjung ke TK Nurul Jadid, Bengkong, Rabu (29/7/2020)..

Marlin terlihat begitu menguasai teknik untuk menaklukkan anak-anak. Seketika, anak-anak terbuai dengan cerita yang disampaikan Bunda PAUD tingkat Kota Batam tersebut. Anak-anak juga terlihat antusias saat mendengar cerita berjudul Srigala dan Bangau tersebut.

Saat menceritakan tokoh srigala, seketika, Marlin menoleh ke belakang. Ia menunjuk salah satu pegawai Pemko Batam untuk berperan sebagai srigala, dan Marlin pun mengambil peran langsung sebagai bangau. Tak jarang, keduanya berpolah layaknya hewan yang diceritakan Marlin.

Tingkah itu, disambut tawa lepas oleh anak-anak. Suasana ceria pecah. Hingga, orang tua dan para guru yang hadir di kegiatan tersebut ikut tergelitik.

Di akhir cerita, Marlin pun menjelaskan maksud cerita tersebut. Ia meminta anak-anak mengambil pelajaran dari cerita yang ia sampaikan.

Ia ingin agar anak-anak peduli dengan sesama, membantu teman dengan tulus, jujur dan tak boleh memikirkan kesenangan diri sendiri.

“Anak-anak butuh cara seperti ini. Peran kita sebagai orang tua harus memenuhi hak mereka,” ujar Marlin, usai membacakan cerita kepada anak-anak di TK Nurul Jadid, Rabu (29/7/2020).

Usai bercerita, Marlin sempat bertanya langsung kepada anak-anak. Menurut dia, anak-anak sangat ingin mendengar cerita dari para orang tua saat di rumah. “Tadi mereka jawab, tidak pernah dengar cerita dari orang tua,” ujar Marlin.

Untuk itu, Marlin mengajak para orang tua menyediakan waktu khusus bagi anak-anak. Bahkan, ia mengatakan, sesibuk apapun orang tua, harus berhenti beraktivitas saat ada anak yang ingin mendengarkan cerita.

“Kadang, kalau kita sibuk dengan ponsel, sering abai dengan anak. Kebiasaan seperti ini harus kita ubah,” ujar Marlin.

Marlin berharap, tumbuh kembang anak, terbentuk dari keluarga sehingga masa depan anak memiliki bekal yang matang untuk menghadapi kehidupan ini. Ia mengatakan, anak-anak perlu dibina sejak dini karena anak-anak adalah masa depan bangsa.

“Peran kita orang tua yang mengarahkan anak ke hal-hal positif,” katanya.

Pesan tersebut kerap ia sampaikan saat menghadiri beragam kegiatan di Kota Batam. Ia berharap, para orang tua mulai memahami kebutuhan dan hak anak-anak seperti pendidikan, kesehatan, termasuk kasih sayang. “Mari jaga anak-anak kita, merekalah penerus kita nantinya,” pesan Marlin. (*/uma)