batampos.co.id – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menyatakan Pu, ajudan Gubernur Isdianto, dan staf lainnya tertular Covid-19 di Jakarta. Dari hasil penelusuran ahli epidemiologi, kasus COVID-19 rombongan gubernur dimulai dari Jakarta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana seperti dilansir dari Antara di Tanjungpinang mengatakan, penularan terjadi setelah pelantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepri. Saat itu, rombongan gubernur, termasuk para ajudan dan staf protokol makan di suatu tempat di Jakarta.

”Mereka ngobrol sambil makan,” ujar Tjetjep pada Minggu (2/8).

Pernyataan Tjetjep tersebut sekaligus mengklarifikasi dugaan sebelumnya bahwa penularan terjadi di Kota Tanjungpinang saat berbagai acara serimonial setelah Isdianto dilantik sebagai Gubernur Kepri.

Setelah Pu diketahui terpapar Covid-19 pada Rabu (29/7), ratusan pejabat dan staf Pemprov Kepri melakukan tes usap (swab) di Posko RSUP Kepri pada Kamis (30/7). Hal itu berdasar perintah Sekda Kepri Tengku Said Arif Fadillah.

Pada saat itu, jumlah staf protokol yang positif Covid-19 bertambah menjadi lima orang. Sehari kemudian, baru diketahui hasil pemeriksaan PCR terhadap Isdianto dan pejabat lainnya. ”Jumlahnya menjadi 12 orang positif,” ujar Tjetjep.(antara)