batampos.co.id – Pasien Covid-19 di Kota Batam kembali bertambah pada Senin (3/8/2020).

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, menjelaskan, terkonfirmasi positif Covid-19 yang baru adalah 3 orang laki-laki warga Kota Batam.

“Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru di Kota Batam.,” ujarnya melalui pernyataan tertulis, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan, ketiga pasien Covid-19 tersebut sudah menjalani perawatan di ruang isolasi di tiga rumah sakit rujukan.

Yaitu RSKI Galang, RS Awal Bros dan RS BP Batam.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit pasien Covid-19 yang baru:

1. SS

Laki-laki berusia 57 tahun, swasta, beralamat di kawasan perumahan Oriana Bengkong Sadai, Bengkong.

SS merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 333 Kota Batam. SS pada 31 Juli 2020 datang berobat ke RS St. Elisabeth Lubuk Baja Batam dengan keluhan batuk berdahak putih dan kental diserta sesak nafas dan demam sejak tiga hari sebelumnya.

Sesuai dengan keluhannya tersebut dokter melakukan pemeriksaan secara intensif dengan pemeriksaan
laboratorium dan RDT yang hasilnya “IgG&IgMNonReaktif”, dilanjutkan dengan pemeriksaan Rontgen Thorak dengan kesan “Pneumonia”.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut dokter menegakkan Diagnosis “Pneumonia + Suspect Covid-19” dan direkomendasikan harus dirawat diruang isolasi.

Jumlah pasein Covid-19 di Kota Batam hingga Senin (3/8/2020) yang dilansir dari website lawancorona.batam.go.id

Mengingat ruang isolasi RS St. Elisabeth Lubuk Baja penuh maka yang bersangkutan dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 di RSBP Batam dan sebelum dilakukan evakuasi ke rumah sakit rujukan tersebut kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

2. B

Laki-laki berusia 36 tahun, P3K Staf DPRD Provinsi Kepri, beralamat di kawasan perumahan Senawangi Asri, Buliang, Batu Aji.

B merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 335 Kota Batam. Sehubungan penyelidikan Epidemiologi (PE) Contact Tracing terhadap kontak erat dari terkonfirmasi kasus ajudan Gubernur Kepulauan Riau dimana yang bersangkutan termasuk dalam rombongan yang berangkat ke Jakarta pada 27 Juli 2020.

Namun mengingat yang bersangkutan bertempat tinggal di Kota Batam, maka pada 31 Juli 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam dilakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui terkonfirmasi positif.

3. AA

Laki-laki, berusia 36 tahun, P3K Pemprov Kepri, beralamat di kawasan perumahan Kharisma Residence, Belian, Batam Kota.

AA merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 334 Kota Batam. Sehubungan penyelidikan Epidemiologi (PE) Contact Tracing terhadap kontak erat dari terkonfirmasi kasus ajudan Gubernur Kepulauan Riau dimana yang bersangkutan termasuk dalam rombongan yang berangkat ke Jakarta pada 27 Juli 2020.

Namun mengingat yang bersangkutan bertempat tinggal di Kota Batam, maka pada 31 Juli 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam dilakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima terkonfirmasi positif.
(*/esa)