batampos.co.id – Sebanyak 36.826 paket sembako gratis diberikan kepada warga Bengkong, Kota Batam, Rabu (5/8/2020).

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada perwakilan warga di pasar Lytech, Bengkong.

Rudi mengatakan, penyerahan bahan pokok ini merupakan kolaborasi antara Pemko Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Ini merupakan bantuan bahan pokok gratis tahap empat. Sebelumnya sudah kita serahkan juga bantuan dari Pemko sebanyak dua kali, Pemprov Kepri sekali dan sekarang ini dari BP Batam,” ujarnya.

Rudi mengungkapkan, secara keseluruhan, bahan pokok gratis tersebut disalurkan ke 12 kecamatan di Batam.

Total keseluruhan, ada 284.223 paket bahan pokok. Sebelumnya, beberapa kecamatan sudah menerima bahan pokok yang mulai disalurkan sejak 29 Juli 2020.

Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi (tiga dari kanan) berfoto sbersama dengan masyarakat Kecamatan Bengkong setelah memberiakn paket sembako tahap keempat dari BP Batam di pasar Lytech. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

“Bahan pokok terbagi dua bungkusan, karung beras dan karton,” ujarnya.

Isi bahan pokok yang dibagikan yaitu:

  1. beras 10 kilogram.
  2. Mi instan 10 bungkus
  3. Minyak goreng 2 liter
  4. Krimer kental manis 1 kilogram
  5. Ikan dalam kaleng 425 gram
  6. Teh
  7. Sirup
  8. Biskuit.

“Dalam penyalurannya, kita menggandeng juga instansi vertikal seperti kejaksaan, kepolisian dan BPKP agar tidak terjadi masalah di lapangan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sadai, Hadis, mengucapkan terima kasih atas penyaluran paket sembako tahap keempat tersebut.

“Mewakili masyarakat Kecamatan Bengkong, kami ucapkan terima kasih kepada Pak Rudi. Untuk penerima ini, sebelumnya sudah kami lakukan musyawarah agar tepat sasaran,” ujarnya.

Bantuan tersebut, kata dia, sangat bernilai bagi warga yang terdampak Covid-19. Ia pun memanjatkan doa agar para pemangku kepentingan di Batam selalu sehat agar warga bisa terus diperhatikan.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga. Apa yang diberikan pemerintah ini sangat meringankan kebutuhan warga,” ujarnya.(*/nto)