batampos.co.id – Enam orang warga negara asing (WNA) asal Ukraina dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan metode PCR.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiyana menjelaskan pada Senin (2/8) sebanyak 10 orang WNA asal Ukraina terbang dari Malaysia menggunakan satu helikopter dan berhenti di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang untuk mengisi bahan bakar.

Kemudian WNA tersebut turun untuk istirahat sehingga dilakukan pemeriksaan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). ”Walaupun mereka sudah membawa surat swab, tapi petugas KKP melihat ada kecurigaan, akhirnya seluruhnya di rapid test, ternyata enam orang diantaranya reaktif,” kata Tjetjep, Rabu (5/8).

Selanjutnya, kata Tjetjep enam WNA itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT) untuk di swab dan hasilnya positif. Sementara untuk empat orang lainnya masih menunggu hasil.

”Empat WNA lainnya sempat menginap pada salah satu hotel di Tanjungpinang, yang dikhawatirkan adalah selama dua hari di hotel sudah berinteraksi dengan orang banyak,” ujarnya.

Lanjut Tjetjep menjelaskan 10 WNA itu hari Rabu (5/8) dibawa ke gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) yang terletak di Batu 16. ”Semoga upaya ini bisa mengurangi resiko paparan kepada warga Tanjungpinang,” ungkapnya.

Sepuluh WNA itu akan dikarantina sampai dinyatakan sembuh, jika belum sembuh tidak akan diizinkan untuk melanjutkan penerbangan ”Mereka ini (10 WNA) merupakan orang pertama yang mengisi LPMP yang digunakan untuk karantina,” tambahnya. (*/raw/jpg)