batampos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menyediakan layanan terbaru, yakni Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Layanan ini disediakan akibat meningkatnya klaim Jaminan hari Tua (JHT) di masa pandemi Covid-19.

Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto mengatakan, terhitung hingga Juli 2020, jumlah pengajuan klaim JHT mencapai 1,48 juta kasus atau meningkat 19 persen dengan nominal mencapai Rp 18,17 triliun atau meningkat 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara dari jumlah pengajuan klaim sepanjang bulan Juli 2020, terjadi lonjakan sebesar 67 persen atau sebanyak 329,3 ribu dengan nominal Rp 3,82 triliun. Dimana, jumlah tersebut meningkat 60 persen dibanding nominal klaim JHT sepanjang bulan Juli tahun 2019.

”Pandemi ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap klaim JHT. Karena banyak dari pemberi kerja yang terpaksa mem-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) tenaga kerjanya,” kata Agus saat berkunjung ke Kantor BP Jamsostek Cabang Batam Nagoya, Kamis (6/8).

Agus menjelaskan, dalam layanan baru ini, terdiri dari kanal online, offline dan kolektif. Melalui layanan ini, peserta tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup mendaftar via online.

”Jadi petugas dan peserta tidak bertemu secara langsung. Melainkan melalui bilik-bilik yang dilengkapi layar monitor dan terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data,” kata Agus.

Agus menambahkan, melalui metode tersebut, dalam waktu yang bersamaan, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) mampu melayani 4-6 orang sekaligus .(*/jpg)