batampos.co.id – Data teritorial sangatlah penting bagi satuan komando kewilayahan, karena terlaksananya kegiatan pembinaan teritorial berpedoman pada data teritorial, sesuai dengan program Koramil.

Babinsa Koramil 02/ Tarempa Kodim 0318/Natuna, Sertu Pasmirdi, mengatakan dalam kegiatan Pengumpulan Data (Puldata) teritorial tersebut para Babinsa selalu berkordinasi dengan pejabat yang dikunjungi untuk mempermudah memperoleh data yang diperlukan.

“Hal itu tentang data terbaru wilayah Koramil dan meliputi data geografi, data demografi, dan data kondisi sosial,” jelasnya Jumat (7/8/2020).

Lanjut dia mengatakan, maka dari itu pihaknya melaksanakan Puldata teritorial di kantor Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sementara itu, Komandan Komando Distrik MiliterĀ 0318/ Natuna, Letkol ARM Asep Ridwan mengatakan bahwa ini merupakam kebijakan Panglima Kodam 1/BB dan perintah Danrem 033/WP.

Babinsa Koramil 02/ Tarempa Kodim 0318/ Natuna, saat melakukan Puldata teritorial di kantor Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Kamis (6/8/2020). (Foto: Istimewa)

Letkol ARM Asep Ridwan mengungkapkan penyusunan administrasi ini sesuai pentahapannya. Meliputi pengumpulan data teritorial, analisa kejadian yang dituangkan dalam tabulasi data.

“Membuat rencana pembinaan teritorial dan laporan kegiatan pembinaan teritorial kepada satuan Komando atas, maka data teritorial sangatlah penting dan harus selalu diperbaharui dengan kordinasi dengan pemerintah daerah,” tegas Dandim 0318/ Natuna.

Kepala Desa Tarempa Barat, Ismarandi mengatakan hal itu merupakan nilai positif dari sebuah hubungan yang baik sebagai mitra kerja dalam berkomunikasi dan berkoordinasi.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan dan silahturahmi ini, selalu berkomunikasi dan berkordinasi yang tentunya akan mempermudah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing dalam pengabdian kepada negara” kata Ismarandi. (fai)