batampos.co.id – Saat ini semua negara sedang melawan pandemi virus Korona atau Covid-19. Termasuk juga dengan Indonesia yang berjuang untuk bebas dari Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adiasasmito mengatakan adanya virus Korona ini masih akan terus dirasakan masyarakat sampai beberapa dekade. Sehingga tidak ada yang bisa tahu kapan pandemi ini berakhir.

“Efek dari pandemi ini masih akan dirasakan hingga beberapa dekade mendatang,” ujar Wiku dalam konfrensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/8).

Oleh sebab itu saat ini semua negara sedang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin virus Korona tersebut. Sehingga berharap pandemi ini bisa selesai dengan ditemukannya vaksin.

“Saat ini WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) bersama dengan banyak negara aktif dan mengakselerasi dalam penyelenggaran penelitian pengobatan untuk vaksin Covid-19,” katanya.

Wiku meminta kepada semua masyarakat untuk berjuang bersama dengan pemerintah memutus rantai penyebaran virus Korona di tanah air. Caranya dengan aktif menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

“Jangan menunggu obat dan vaksin, kita juga berpacu dengan waktu, pencegahan adalah kunci paling utama dalam menegakan jumlah kasus maupun kematian,” ungkapnya.

Menurut Wiku, menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan di air yang mengalir adalah upaya untuk pencegahan virus Korona te‎rtular ke banyak orang.

“Tidak malah mencuci tangan dan pakaian sesampainya di rumah, tidak mencopot atau melepaskan masker ketika berada di luar rumah dan disiplin dalam menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” pungkasnya.(jpg)