batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam melelang satu unit helikopter buatan 1995. Helikopter ini merupakan kendaraan legendaris yang dulu sering digunakan mantan Ketua Otorita Batam (OB), almarhum BJ Habibie, dalam meninjau proyek-proyek besar OB di masa lalu.

Kepala Bagian (Kabag) Inventarisasi dan Penghapusan Aset BP Batam, Muhammad Taofan, mengatakan, objek yang dilelang ini ialah satu unit helikopter NBO-105/P-4020 tahun pembuatan 1995.

Dilansir dari Harian Batam Pos, BP Batam melelang helikopter tersebut dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam.

Adapun nilai limitnya mencapai Rp 5.729.596.110 dan jaminan penawaran lelang sebesar
Rp 1,7 miliar.

”Jaminan harus sudah efektif diterima KPKNL Batam selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan lelang,” katanya, lagi.

Helikopter yang dilelang oleh BP Batam. Foto: Webiste Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

Penawaran lelang akan berakhir pada 12 Agustus mendatang dengan cara penawaran close bidding. Alamat domain untuk mengikuti proses lelang berada di www.lelang.go.id.

”Sebelum pelaksanaan lelang, peserta harus sudah memiliki akun terverifikasi di website
tersebut. Kemudian mengikuti tahapan penjelasan lelang untuk melihat barang lelang di
Bandara Hang Nadim, 11 Agustus mendatang,” paparnya.

Kendaraan baling-baling ini sering digunakan BJ Habibie dulu untuk meninjau proyek-
proyek OB, seperti pembangunan jembatan, jalan dan lain-lain.

Nilainya saat dibeli mencapai Rp 10 miliar. Helikopter tipe NBO-105 ini merupakan sebuah helikopter ringan, serbaguna, bermesin ganda yang dulu diproduksi oleh IPTN, sekarang bernama PT Dirgantara Indonesia.

Helikopter jenis ini sering digunakan oleh Polri, Departemen Kehutanan, dan institusi lainnya. Bahkan, juga banyak digunakan oleh negara-negara lainnya di dunia seperti Jerman, Belanda, Spanyol, Albania, Bahrain, dan lain-lain.(*/jpg)