batampos.co.id – Selain jauh dari ring of fire atau lokasi bencana, Data Centre milik BP Batam didukung dengan peralatan yang canggih dan memiliki alat peredam petir.

Asisten Manager Pemasaran, Pengembangan Usaha dan Costumer Care TIK BP Batam, Gandi Wibowo, mengatakan, Data Centre BP Batam tersambung dengan data center lainnya di Indonesia.

“Dari sisi tenaga listrik, kami memiliki dua set genset yang disiapkan jika ada masalah di PLN,” ujarnya, Sabtu (8/8/2020).

Selain itu, lanjutnya, Data Centre BP Batam memiliki Uninterruptible Power Supply (UPS), yaitu alat untuk mengalihkan dari PLN ke genset agar server tidak terganggu.

“Kita juga memiliki AC. AC ini fungsinya bukan saja untuk mengatur suhu saja, tapi juga kelembaban ruangan di area server,” jelasnya.

Kata dia, meski Pulau Batam berada jauh dari lokasi bencana, namun ada satu hal yang menjadi ancaman, yaitu petir.

Infografis aliibenk/batampos.co.id

“Karena di sini tanahnya rata-rata bauksit dan kami sudah melindungi data center dengan electricity treatment system (ETS). Sehingga saat ada petir, itu tidak sampai kena ke Data Centre,” jelasnya.

Hal itu, lanjutnya, sudah terbukti beberapa kali saat di sekitar area gedung terkena petir, tidak menganggu Data Centre sama sekali.

Sementara itu, General Manager Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) BP Batam, Sylvia J. Malaihollo, mengatakan, Backbone Network Data Centre, terhubung dengan jaringan fiber optic Palapa Ring. Serta dilengkapi dengan jaringan telepon Fixed Line dan VOIP.

Kemudian, lanjutnya, interkoneksi Data Centre pada seluruh unit kerja BP Batam melalui jaringan fiber optik sepanjang 105 kilometer.

“Aset ini terhubung dengan jaringan fiber optik Telkom Indonesia berkapasitas 40 Gbps,” tuturnya.

Dari sisi keamanan, Data Centre BP Batam dilengkapi dengan Portal Gate dengan RFID, CCTV berbasis IP dengan Intelligent Video Analytics, Biometrics Access Control, Metal Detector, Gas, Fire, dan Smoke Detector.

Kemudian Fire Extinguishing (System FM200), Full-raised dan Anti Static Floor, Integrated Grounding of <0.5 ohm, Cargo Lift/Loading Dock capacity 2.500 kilogram.(esa/adv)