batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan bantuan hibah APBD kepada Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa. Bantuan hibah itu untuk rehab bangunan kantor Cabjari yang diketahui menelan anggaran senilai Rp 1,4 miliar.

Selain itu, bantuan hibah lahan seluas lebih kurang 2 hektar juga diberikan oleh Pemda Anambas di Pasir Peti, Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan. Di lokasi tersebut direncanakan akan dibangun kantor Kejaksaan Negeri Kepulauan Anambas.

Plt. Kepala Dinas Perkerjaan Umum Perumahan Rakyat Kabupaten Kepulauan Anambas, Isa Hendra mengatakan bantuan hibah rehab bangunan kantor Cabjari itu masih dalam proses hibah.

“Lagi proses, secepatnya diurus, karena berbaur ke pihak ketiga, diserahkan ke pihak ketiga. Anggaran Rp 1 miliar lebih, tahun kemaren 2019,” kata Isa Hendra, Senin (10/8/2020).

Plt. Kepala Dinas Perkerjaan Umum Perumahan Rakyat Kabupaten Kepulauan Anambas, Isa Hendra (kiri).
(foto:istimewa)

Tambah dia lagi mengatakan, untuk lahan kurang lebih dua hektar tersebut nantinya akan dibangun kantor Kejaksaan Negeri Kepulauan Anambas. “Ini merupakan lahan milik pemda, namun prosesnya belum selesai. Kita lagi proses pemetaan aset lahan itu. Sekarang kondisi lagi di BPN untuk surat,” kata Isa Hendra.

Di sisi lain Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Azwandi menjelaskan untuk bantuan hibah dalam berupa barang. Anggaran adanya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Maka kalau memang untuk bentuk-bentuk barang, anggaran di OPD teknis, ” kata Azwandi.

Lanjut dia lagi mengatakan jika berupa uang dari preventif terverifikasi pihaknya menyampaikan kepada tiap OPD untuk dimasukan ke dalam Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA). “Nanti KUA dibahas bersama DPRD, kalau lolos itu dianggarkan,” tuturnya. (fai)