batampos.co.id – Sebagai antisipasi terjadinya black out pada mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Pasir Manang, Kabupaten Kepulauan Anambas, PLN terpaksa melakukan pemadaman listrik bergilir di wilayah Tarempa dan sekitarnya.

Manajer Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) Kepulauan Anambas, Hendrico mengatakan hal itu dilakukan untuk menjaga suhu mesin PLTD dan kondisi mesin agar tetap stabil. Juga mencegah kerusakan yang akan terjadi.

“Maka sebagai antisipasi dilakukan pemadaman bergilir pada beberapa lokasi di Tarempa yang sudah dimulai dari tanggal 7 Agustus, pada waktu pemakaian beban tertinggi dan suhu tertinggi, (siang dan malam),” jelasnya.

Lanjut dia lagi mengatakan suhu tertinggi pada PLTD itu sendiri sudah mencapai 98 derajat celcius. Ditambah lagi faktor cuaca sehingga suhunya bisa lebih tinggi.”Ditambah kondisi di luar saat cuaca panas, karena jika mencapaia 100 derajat celcius itu sudah menunjukan warning,” ujar Hendrico sambil menunjuk mesin pengukur suhu derajat celcius kepada Batampos Online di PLTD, Senin (10/8/2020).

Sementara itu, dia mengungkapkan, pada saat malam hari pemadaman akan berkurang jika dibandingkan pada siang hari, Namun tentunya tergantung pada suhu mesin itu sendiri. Ia pun berharap masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dapat memahami dengan kondisi saat ini.

Dia menambahkan pemadaman bergilir ini dapat berlangsung selama kondisi temperature mesin masih tinggi. “Kami berharap kondisi saat ini segera berakhir. Maaf atas ketidaknyamanannya,” tuturnya. (fai)