batampos.co.id – Kasat Polair Polresta Barelang, AKP Syamsurizal mengimbau semua masyarakat Batam untuk meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di laut. Hal ini disebabkan cuaca Batam memasuki musim pancaroba yang mempengaruhi gelombang di laut.

”Situasi arus gelombang pada musim pancaroba saat ini sangat membahayakan keselamatan,” ujar Syamsurizal, Senin (10/8) siang.

Syamsurizal menjelaskan, khusus kapal, pihaknya meminta nakhoda untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Kemudian, seluruh penumpang harus dilengkapi life jacket. ”Hal ini untuk melindungi keselamatan saat terjadinya laka (kecelakaan) laut,” tegasnya.

Selain pihak kapal, Syamsurizal juga meminta masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir pantai atau berprofesi sebagai nelayan, untuk meningkatkan kewaspadaan. “Apalagi bagi rekan-rekan yang hanya sekadar hobi memancing dan bukan profesinya sebagai nelayan, harus waspada,” ungkapnya.

Ditambahkan, Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi di Pelabuhan Rakyat Tanjungpiayu Laut. ”Kita lakukan imbauan kewaspadaan. Tetap memakai life jacket,” katanya.

Selain itu, kata Firdaus, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat di pelabuhan untuk mematuhi protokol kesehatan. Seperti, tetap menjaga jarak, dan wajib menggunakan masker.(*/jpg)